Sejak tahun 2019, sudah ada 4 ribu PNS Provinsi Riau yang memasuki masa pensiun

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar

MafiNews.com, Pekanbaru - Dalam empat tahun terakhir, jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang memasuki masa pensiun cukup besar. Dimana terdapat lebih dari 4 ribu PNS pensiun, sedangkan penerimaan PNS baru tidak sebanding dengan jumlah tersebut.


“Saat saya menjabat Gubernur Riau, jumlah PNS di Riau sekitar 18 ribu orang. Tapi sekarang tinggal 14.000 orang atau berkurang 4.000 orang karena pensiun,” kata Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar usai menyerahkan SK pensiun kepada PNS di lingkungan Pemprov Riau, Jumat (3/11/2023).

Lebih lanjut dia mengatakan, sementara jumlah PNS yang diterima setiap tahunnya tidak sebanding dengan jumlah PNS yang pensiun. Karena itu, dia meminta para PNS saat ini bisa memaksimalkan kinerjanya.

“Bagi saudara-saudara yang saat ini masih bertugas, saya harap terus bekerja keras,” imbaunya.

Sementara bagi para purnawirawan PNS, Gubri Syamsuar mengucapkan selamat dan berpesan agar mereka terus berkontribusi dan mengabdi kepada masyarakat meski telah memasuki masa pensiun. Sebab menurutnya para pensiunan harus mempunyai aktivitas untuk menjaga kesehatannya. Sebagai seorang pensiunan, ia merasa jika tidak memiliki aktivitas atau kesibukan di masa pensiun, maka akan membuat tubuhnya mudah lelah bahkan sering sakit-sakitan.

"Setelah pensiun kita harus ada aktivitas. Kalau pensiun kita tidak perlu khawatir. Kita tidak perlu khawatir tapi ada aktivitas, itu yang baik dan menyehatkan kita," ujarnya.

Gubri Syamsuar berharap para penerima SK pensiun hari ini tetap diberikan kesehatan yang baik, dan mendapatkan apa yang pantas mereka dapatkan dari Yang Maha Kuasa atas kinerja mereka selama bertugas membangun negara.

“Selamat kepada Bapak dan Ibu yang telah menerima SK pensiun pada hari ini, walaupun pensiun kita tetap bisa mengabdi kepada masyarakat minimal dalam kegiatan sosial,” tutupnya. (Mcr/Mn)

TERKAIT