Masrul Kasmy Apresiasi Lomba Masak Ikan Untuk Meningkatkan Gizi Masyarakat

MafiNews.com, Pekanbaru - Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Provinsi Riau bersama Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) menggelar lomba masak semua ikan tingkat Provinsi Riau tahun 2023. Lomba ini mengusung tema “Ikan untuk Generasi Emas”.


Asisten I Sekretariat Daerah (Setdaprov) Provinsi Riau, Masrul Kasmy dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Pemprov Riau. Dimana, kegiatan ini termasuk dalam dukungan peningkatan kondisi gizi masyarakat dengan memaksimalkan konsumsi ikan.

Masrul mengatakan, tingkat konsumsi ikan di Provinsi Riau masih rendah. Berbeda dengan negara maritim seperti Korea dan Jepang, konsumsi ikan di sana sangat tinggi.

“Dampak langsungnya terlihat, peningkatan status kesehatan dan gizi,” ujarnya di laman Diskanlut Provinsi Riau, Kamis (19/10/2023).

Kegiatan ini, lanjut Masrul, juga memerlukan dorongan dan kerjasama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup pemerintahan. Sebab, perbaikan gizi masyarakat juga berkaitan dengan masalah stunting di Provinsi Riau.

“Kami targetkan stunting tahun depan sebesar 14 persen, bersama dengan kerja sama dengan OPD kita bisa mendorong konsumsi masyarakat terhadap ikan ini secara maksimal,” ujarnya.

Kerjasama yang dikatakan Masrul, salah satunya dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), mungkin bisa membuat olahan ikan yang sudah bergaransi atau kalengan sehingga bisa cepat dikonsumsi, sarannya.

“Kita membiasakan anak-anak generasi sekarang dan masa depan mudah mengonsumsi ikan. Anak-anak kita mencari makanan yang cepat dan mudah didapat,” lanjutnya.

Lomba memasak ini resmi dibuka dan diawali dengan pemotongan tumpeng yang merupakan ucapan terima kasih Gubernur Riau Syamsuar kepada Kepala Forikan Provinsi Riau Masniarni Syamsuar yang telah melaksanakan kegiatan hari ini. Selain itu, Misnarni yang juga Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Riau juga melepas balon dan menggunting pita untuk membuka lomba.

Hadir pula Kepala Diskanlut Provinsi Riau, Tengku Fauzan Tambusai, dan perwakilan OPD lainnya. (Mcr/Mn)

TERKAIT