Hingga Agustus 2023, Kasus ISPA di Riau Tercatat 31.093 Kasus

MafiNewa.com, Pekanbaru - Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau mencatat hingga Agustus 2023, terdapat 31.093 kasus Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ARTI). Penderita ISPA terbagi dalam beberapa kelompok umur.


Kepala Dinas Kesehatan Riau Zainal melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) dr Melly Agrina Melia mengatakan, jumlah tersebut terbagi dalam kategori umur, yakni 0-5 tahun sebanyak 9.744 kasus, anak usia 5-9 tahun. lama 6.712 kasus.

Kemudian usia 9-60 tahun sebanyak 12.101 kasus dan usia di atas 60 tahun 2.536 kasus, sehingga total kasus ISPA di Riau Januari-Agustus 2023 sebanyak 31.093 kasus, jelas Melly.

Melly menjelaskan dari data yang ada, kasus ISPA sudah mulai meningkat, namun tidak terlalu signifikan. Dengan peningkatan kasus terjadi pada bulan Agustus.

“Ada peningkatan kasus, namun belum signifikan atau tinggi, kenaikan kasus terjadi pada bulan Agustus,” jelas Melly.

Melly menambahkan dari pantauan di beberapa daerah, kasus ISPA tergolong tinggi yakni Kota Pekanbaru, Dumai, Kabupaten Siak, dan Indragiri Hilir.

Dari pantauan di daerah yang kasus ISPA-nya tinggi yaitu Pekanbaru, Siak, Indragiri Hilir dan Dumai, kata Melly.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyebutkan saat ini pihaknya menyediakan masker untuk anak-anak dan orang dewasa. Masker tersebut dapat dikirim ke kabupaten/kota di Riau jika diperlukan.

“Stok masker di Diskes Riau masih ada, jika kabupaten/kota membutuhkan bantuan bisa mengajukan bantuan. Baik untuk masker anak-anak maupun dewasa. Bagi masyarakat yang membutuhkan bisa ke Puskesmas terdekat,” dia berkata. (Mcr/Mn)

TERKAIT