Hadapi Porwil Sumatera, KONI Riau Latih Penuh 10 Cabor

MafiNews.com, Pekanbaru - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau mulai menyelenggarakan Latihan Daerah (Pelatda) atau Training Center (TC) di Kontingen 10 Cabor Kota Olahraga Daerah (Porwil) Sumatera XI.


Kegiatan pelatihan dibuka resmi pada Kamis (5/10/2023) malam oleh Ketua Umum KONI Provinsi Riau yang diwakili Wakil Ketua I M Yunus, dihadiri pula Sekda Diaspora Riau Rosdi, serta unsur pimpinan di lingkungan KONI Riau. .

Dalam sambutannya, M Yunus mengatakan, pelatda atau TC penuh ini akan dilaksanakan selama satu bulan sebelum pelaksanaan Porwil XI. Diharapkan dengan terlaksananya TC secara penuh ini, kontingen Riau mampu meraih hasil maksimal pada Porwil XI mendatang. Terlebih lagi, imbuhnya, Porwil kali ini akan digelar di Riau dengan tuan rumah Riau.

“Pengurus penuh ini bertujuan untuk meraih hasil terbaik pada Porwil XI mendatang. Harapan kita sukses mempertahankan Riau sebagai juara umum Porwil,” ujarnya.   

Ia juga mengatakan, jika target Riau bisa menjadi juara umum Porwil XI tahun ini. Dan hal ini juga sesuai dengan harapan Gubernur Riau agar dilakukan secara bersama-sama. Apalagi, Riau sudah dua kali berturut-turut menjadi juara umum Porwil, yakni pada Porwil Bangka Belitung, Riau berhasil meraih 46 medali emas yang kemudian mampu mempertahankan performanya pada Porwil 2019 di Bengkulu.

“Jadi saat ini kita berharap bisa mencapainya karena sebagai tuan rumah. Untuk mencapai target itu, PB Porwil juga sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk pelaksanaan Porwil XI. Minimal setiap peserta Riau bisa meraih 5 emas. minimal sudah mampu mengumpulkan 50 medali emas,” ujarnya.

Sedangkan untuk atlet, jelasnya, masih diikuti 10 cabang olahraga yakni atletik, bola tangan, catur, E-sports, renang, sepaktakraw, sepak bola, voli indoor, wushu, dan barongsai.

“Kegiatan pelatda atau full TC ini juga diikuti oleh 220 peserta pelatihan yang dimulai pada tanggal 4 Oktober hingga 2 November. Sedangkan Porwil Sumatera XI di Riau akan dimulai pada 4-14 November 2023,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dispora Riau Rosdi berharap dengan terlaksananya kegiatan pelatda atau TC secara penuh, dapat memberikan hasil yang maksimal dalam pelaksanaan Porwil XI mendatang. Tentunya para atlet yang akan bertanding atau bertanding nantinya bisa menjunjung tinggi sportivitas.

Selain itu, Rosdi juga mengingatkan PB Porwil dan Kontingen Riau untuk mencermati hal teknis dan non teknis. Karena itu, dia meminta bisa bekerja sama.

“Pengurus sebaiknya memikirkan hal-hal non teknis. Oleh karena itu, kerjasama kita sangat diperlukan, saling melengkapi, saling melengkapi, saling mengingatkan, agar kegiatan dan rencana yang kita susun selama sebulan ini dapat terlaksana dengan baik,” imbuhnya. (Mcr/Mn)

TERKAIT