Satpol PP Riau Pegang Rekor Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Apratur

MafiNews.com, Pekanbaru - Satuan Kepolisian Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Riau menggelar rapat koordinasi (Rakor) peningkatan sumber daya aparat Satpol PP di Provinsi Riau. Kamis, (21/9/2023)


Kepala Satpol PP Provinsi Riau, Hadi Penandio mengatakan, sebagaimana diatur dalam undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Satpol PP merupakan salah satu dari delapan urusan pelayanan dasar wajib.

Artinya tugas pokok dan fungsi Satpol PP di bidang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat sama pentingnya dengan bidang pendidikan dan kesehatan, kata Kepala Satpol PP Provinsi Riau, Hadi Penandio pada acara tersebut. Grand Central Hotel Pekanbaru.

Untuk itu kegiatan rakor ini dinilai penting untuk dilaksanakan guna meningkatkan wawasan, pengetahuan dan kinerja aparat Satpol PP Riau.

Perubahan paradigma Satpol PP harus bergerak cepat, mengikuti perkembangan situasi yang ada dan bersifat fleksibel, ujarnya.

Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan sumber daya aparatur dalam penanganan masalah ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

Menurutnya, untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan sinergi dengan beberapa pihak terkait. Seperti TNI, Polri, dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk bersama-sama menjaga ketertiban masyarakat.

Apalagi tahun 2024 ini kita sudah memasuki situasi politik dan sosial yang mudah terjebak, mudah badai yang mengganggu ketertiban, ”ujarnya.

Peningkatan kapasitas aparatur ini membuktikan bahwa kita mampu mengikuti perkembangan situasi yang ada, pungkas Kasatpol PP Provinsi Riau. (Mcr/Mn)

TERKAIT