Kunjungan ke Perpustakaan Soeman Hs Melonjak Pada Tahun 2023

Kepala Perpustakaan dan Arsip Provinsi Riau Mimi Yuliani

MafiNews.com, Pekanbaru - Memperingati Hari Kunjungan Perpustakaan, Kepala Perpustakaan dan Arsip Provinsi Riau Mimi Yuliani menggelar dialog interaktif di RRI Pekanbaru.


Dialog dengan Kepala Perpustakaan dan Arsip Provinsi Riau Mimi Yuliani ini dipimpin oleh penyiar RRI Pekanbaru, Rani Januarini, dengan fokus mengembangkan budaya literasi dalam rangka mencerdaskan anak bangsa.

“Setiap tanggal 14 September kita memperingati Hari Kunjungan Perpustakaan yang pertama kali dimulai pada tahun 1955. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan literasi masyarakat melalui kunjungan aktif ke perpustakaan,” kata Mimi mengawali dialog.

Dikatakannya, seluruh perpustakaan di Riau merayakan Hari Kunjungan Perpustakaan dengan berbagai kegiatan terkait. Apresiasi tersendiri juga diberikan kepada para pengunjung Perpustakaan Soeman Hs yang rajin menyelenggarakan berbagai kegiatan dan memberikan apresiasi.

“Di era modern ini, membaca tidak selalu harus dilakukan di perpustakaan fisik. Sehingga ini menjadi tantangan bagi kita untuk terus mendorong minat berkunjung ke perpustakaan,” kata Mimi.

Tahun ini Perpustakaan Soeman Hs telah menyelenggarakan berbagai kegiatan terkait Visitasi Day, antara lain pemberian penghargaan kepada peminjam buku yang paling aktif dan rajin, seperti yang tercatat di aplikasi kami.

Selain itu, mereka juga melakukan sosialisasi layanan khusus bagi masyarakat rentan, sebagai bagian dari upaya inklusi sosial.

Dalam dialog interaktif tersebut, Mimi menceritakan bahwa kunjungan fisik dalam dua tahun terakhir mengalami penurunan terutama di masa pandemi COVID-19. Pada tahun 2021, ketika kasus COVID-19 kembali meningkat, kunjungan turun menjadi 19.753. Namun meski terjadi penurunan kunjungan langsung, mereka berhasil mengalihkan perhatian pada kegiatan literasi online.

Pada tahun 2022, mereka mulai membuka layanan dengan sistem terbuka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, dan terjadi peningkatan kunjungan secara bertahap.

Untungnya pada tahun 2023, kunjungan ke Perpustakaan Soeman Hs mengalami lonjakan pesat.

“Sejak awal Januari 2022, Perpustakaan Soeman Hs juga membuka layanan pada hari Sabtu dan Minggu sehingga turut berkontribusi terhadap peningkatan jumlah kunjungan,” ujarnya.

Dialog ini juga dihadiri oleh Riki Arianto, S.IP selaku Pustakawan yang berbagi tentang transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Pembicara lainnya, Nafiah, seorang pegiat literasi dan penulis buku asal Riau juga turut berkontribusi dalam diskusi ini. (Mcr/Mn)

TERKAIT