Ribuan Mahasiswa Baru Umri akan Ikuti PKKMB dan Masta, Ketum PP Muhammadiyah

MafiNews.com, Pekanbaru  - Ribuan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) akan mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dan Masa Taaruf (Masta) Mahasiswa Baru tahun akademi 2023-2024.


Kegiatan yang dipusatkan di Kampus Umri jalan Tuanku Tambusai Pekanbaru tersebut akan berlangsung pada tanggal 14-16 September 2023.

"Saat ini sudah ada sekitar 2.838 mahasiswa baru yang sudah mendaftar ulang dan akan mengikuti PKKMB dan Masta. Kita optimis jumlah tersebut akan bertambah menjadi 3.000 mahasiswa karena hari ini masih dibuka pendaftaran ulang," kata Rektor Umri Dr H Saidul Amin MA, Selasa (12/9/2023).

Saidul Amin merincikan dari 2.838 mahasiwa baru yang akan mengikuti PKKMB dan Masta tersebut sebanyak 2.668 merupakan beragama Islam, sisanya beragama Katholik 28 orang, Protestan 140 dan Budha 2.

"Tidak hanya anak-anak kita yang beragama Islam saja yang kuliah di kampus Umri tetapi kita terbuka untuk yang juga beragama lain. Untuk tahun ini kalau ditotalkan jumlah mahasiwa baru yang beragama nonmuslim ada sebanyak 170 orang. Kita tetap berupaya Muhammadiyah adalah dari umat untuk semesta dan menampilkan sosok rahmatan lilalamin," kata Rektor.

Rektor menjelaskan untuk tahun ini tema PKKMB dan Masta yang diangkat adalah Membangun Generasi Smart, Bermarwah dan Bermartabat. Smart yang dimaksud adalah singkatan dari Spiritual, Mobility, Acuntable, Responsibility, Togethernes.

 

"Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa baru Umri yang mampu melewati transisi menjadi mahasiswa dewasa dan mandiri, sehingga terwujud generasi yang relegius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan berintegrasi," jelasnya.

Selain perkenalan kampus, pada acara tersebut juga akan menghadirkan Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, kuliah umum oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Riau Prof Dr Haedar Nashir M.Si dengan tema "PTMA sebagai Pembentuk Kader Bangsa".

Selanjutnya akan hadir juga Menteri Kooordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Prof Dr H Muhadjir Effendy MAP yang akan menyampaikan ceramah dengan tema “Pengembangan Karakter Mahasiswa PTMA”.

Akan ada juga ceramah dari Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan, dengan tema “Perguruan Tinggi di era Revolusi Industri 4.0 dan society 5.0, ceramah Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau Dr. Hendri Sayuti M.Ag., dan Ketua Badan Pembina Harian – Bapak Prof. Dr. H. Muhammad Nazir, MA.; “Adab Mahasiswa Muhammadiyah dalam Spritual dan Intelektual”

Nanti juga akan menghadirkan Komandan Komando Resort Militer 031 Wirabima – Bapak Bigjen. (TNI) Dany Rakca, SAP., M.Han.; “Kehidupan Berbangsa, Bernegara, dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara”.

"Selain itu ada juga penyampaian materi oleh Wakil Rektor III, ceramah Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah yang membahas soal kepemimpinan pemuda, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM) tentang “Kepribadian Mahasiswa Muhammadiyah dan Ke-IMM-an”, dan Ceramah Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD IMM) tentang “Ideologi IMM”.***
(Mcr/Mn)

TERKAIT