Pemko Pekanbaru Gelar Persiapan Jadi Tuan Rumah Rakerwil I Apeksi 2024

MafiNews.com, Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggelar persiapan sebagai tuan rumah Rapat Kerja Wilayah I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakerwil I APEKSI) pada 2024 mendatang.


Pemko Pekanbaru menggelar rapat perdana persiapan pelaksanaanya di ruang rapat Perkantoran Wali Kota Pekanbaru, Tenayan Raya Selasa (22/8).

Rapat dipimpin oleh Asisten 1 Setdako Pekanbaru, Masykur Tarmizi bersama beberapa perangkat daerah terkait yang memiliki peran penting untuk mensukseskan rakerwil yang direncanakan dilangsungkan pada Mei tahun mendatang.

Rakerwil kali itu diagendakan terdiri dari 11 rangkaian kegiatan, yaitu Kegiatan Pertukaran Pemuda, Malam Ramah Tamah, Forum Rapat Kerja Wilayah, Pawai Budaya, Pekanbaru Expo, Pekan Raya Pekanbaru, Penanaman Pohon dan Gowes, City Tour, Ladies Program, Forum Bisnis, Pentas Seni Melayu, serta Tabligh Akbar yang akan diisi oleh Ustadz Abdul Somad.

"Sebenarnya rangkaian APEKSI itu mirip-mirip saja di setiap tahunnya, tapi karena Pekanbaru menjadi tuan rumah, kita ada ide untuk mengadakan tabligh akbar. Semoga kita bisa menghadirkan Ustadz Abdul Somad. Kami yakin ini akan menjadi daya tarik yang besar bahkan bagi seluruh kalangan masyarakat di luar keanggotan APEKSI sekalipun," jelas Masykur.

Dalam SK Kepanitiaan yang juga disusun dalam rapat persiapan tersebut, unsur Forkopimda, TNI dan Polri juga turut dilibatkan untuk sektor keamanan acara.

Kabag Kerjasama Setdako Pekanbaru, Dedi Damhudi mengatakan detil acara dan kebutuhan anggaran perhelatan tersebut akan segera dirampungkan.

"Kita akan segara rampungkan ini, agar penganggaran oleh Pemerintah Kota Pekanbaru dapat segera diusulkan, begitu juga dengan penganggaran Pemerintah Kota yang akan hadir supaya bisa dipersiapkan dengan optimal," jelas Dedi.

Sementara itu, Adil Trisema Pengelola Pengaduan Publik pada Diskominfotiksan Kota Pekanbaru menilai rakerwil tersebut nantinya juga dapat menjadi momentum untuk memperkuat persatuan Indonesia berkenaan dengan telah dilaksanakannya pemilu 2024.

"kalau kita lihat timeline pemilu 2024 dari KPU, kemungkinan Mei nanti kita sudah mendapatkan hasil rekapitulasi suara. Kita tidak tahu suhu politik bahkan di tengah masyarakat seperti apa, tapi kami optimis rakerwil ini sedikit banyaknya melalui rangkaian kegiatan yang juga akan melibatkan banyak masyarakat seperti pawai budaya, pentas seni melayu dan tabligh akbar akan menjadi momen yang memperkuat persatuan kita," ungkapnya.

Adapun rapat persiapan berikutnya direncanakan akan berlanjut pada Selasa minggu depan.

“Kita minta OPD terkait dengan tanggung jawabnya masing-masing sudah membawa bahan paparan untuk tindaklanjut. Ini harus matang, berapa uang yang kita gelontorkan untuk perhelatan ini, minimal segitu pula uang yang masuk dan beredar di Kota Pekanbaru," tegas Masykur. (Kmf/Mn)

TERKAIT