Rapat Bersama Tim Pusat Data Nasional Kemenkominfo RI, Pekanbaru

MafiNews.com, Provinsi Riau rapat bersama Tim Pusat Data Nasional Kemenkominfo RI.

PEKANBARU- Dalam rangka pemanfaatan Pusat Data Nasional (PDN) dari Kementerian Kominfo RI, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau berencana akan melakukan migrasi beberapa aplikasi milik Pemprov Riau ke PDN.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau, Erisman Yahya usai rapat bersama Tim Pusat Data Nasional Kemenkominfo RI di Kantor Kemenkominfo RI, Jakarta, Selasa (1/8/2023).

Menurut Erisman, Pusat Data Nasional dinilai efektif dalam melakukan penyimpanan bersakala besar, apalagi saat ini Pemerintah Provinsi Riau memiliki aplikasi cukup banyak.

"Kita mungkin akan coba data aplikasi apa saja (yang dibuat Diskominfo Riau) yang sekiranya kita pindahkan servernya ke PDN, supaya kita leluasa untuk menyimpan," ujar Erisman.

Erisman melihat PDN aman digunakan oleh pemerintah, apalagi PPDB online miliki Pemprov Riau telah disimpan di PDN, dan sampai saat ini tidak terdapat kendala apapun. Untuk itu Erisman berencana akan memigrasi beberapa aplikasi ke PDN sehingga daya simpannya bisa luas.

"PPDB online Riau menggunakan PDN, bahkan sudah dua tahun kita menggunakan PPDB online ini, alhamdulillah tidak ada persoalan. Sekarang di e-Absen kita sering macet, karena mungkin penyimpanan kita hampir penuh. Untuk itu Kemenkominfo mengharapkan seluruh daerah memanfaatkan PDN untuk menyimpanan," pungkas Erisman Yahya.

Ia berharap pemerintah daerah (Pemda) di kabupaten/kota juga bisa memanfaatkan Pusat Data Nasional.

(Sumber Mcr/Mn)

TERKAIT