Dispusip Pekanbaru Gelar Bimtek Tingkatkan Kualitas Perpustakaan Sekolah

MafiNews.com, Pekanbaru - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru, Hj. Erna Juita, SH,. M.Si berharap agar kemampuan pengelola perpustakaan di sekolah dapat ditingkatkan melalui pelaksanaan Bimbingan Teknis yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru pada Rabu (26/7).


Kegiatan Bimtek mengusung tema Peningkatan Kapasitas Tenaga Perpustakaan dan Pustakawan di Lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru. Kegiatan berlangsung selama dua hari di Hotel Resty Menara.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi tambahan informasi dan wawasan yang dapat membantu tugas pokok dan fungsi pengelola perpustakaan. Sehingga lebih banyak perpustakaan sekolah yang dapat terakreditasi.

Salah satu syarat akreditasi sekolah adalah perpustakaan harus terakreditasi juga. Jumlah sekolah di Pekanbaru hampir 528, tetapi hanya 50 sekolah yang terakreditasi perpustakaannya.

"Setelah ini bisa melakukan pengembangan di sekolah masing-masing kedepannya,” ujarnya.

Perpustakaan merupakan sarana utama untuk dikembangkan dan diperhatikan karena perpustakaan merupakan jantung sekolah.

Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan menjadi tanggungjawab bersama dalam pemeliharaan dan pengembangan perpustakaan.

“Makin banyak sekolah terakreditasi akan meningkatkan kegemaran membaca, terutama dikalangan siswa. Tahun ini, indeks kegemaran membaca di Pekanbaru naik 65. Dengan mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh dan terapkan di sekolah masing-masing sehingga indeks kegemaran membaca juga bisa meningkat," tutupnya. (Kmf/Mn)

TERKAIT