Gubernur Syamsuar Dorong Seluruh Kabupaten di Riau Capai JKN 2024

MafiNews.com, Pekanbaru - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan hingga tahun 2023, enam kabupaten/kota di Riau berhasil mencapai Universal Health Coverage (UHC). Tahun depan, Gubri berharap enam kabupaten lainnya akan menyusul.


“Di Provinsi Riau baru enam kabupaten/kota yang sudah UHC yaitu Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kota Bengkalis Dumai, Kuansing, dan Indragiri Hulu (Inhu),” jelas Gubri, Rabu (26/7/2023).

Disebutkan Gubernur Syamsuar, Pemprov Riau terus berupaya agar lebih banyak kabupaten/kota yang terlibat dalam program percepatan perluasan cakupan jaminan kesehatan semesta atau UHC. Padahal, pada 2023 saja, Pemprov Riau mengalokasikan Rp 234 miliar untuk mendorong pencapaian UHC.

“Pada tahun 2023, Pemprov Riau telah menganggarkan APBD untuk pembayaran iuran peserta kategori PBI, dengan porsi 55 persen dibiayai Provinsi Riau dan 45 persen dibiayai kabupaten/kota,” ujar Gubri.

UHC adalah sistem jaminan kesehatan yang menjamin setiap warga masyarakat memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, berkualitas dengan biaya terjangkau.

Ada dua elemen inti dalam UHC termasuk akses ke layanan kesehatan yang adil dan berkualitas bagi setiap warga negara, dan perlindungan risiko keuangan ketika warga negara menggunakan layanan kesehatan.

“Harapan kami ke depan adalah seluruh kabupaten/kota di Riau telah menerapkan pelayanan universal bagi masyarakatnya guna memberikan kemudahan yaitu hanya dengan KTP mereka bisa mendapatkan pelayanan gratis bagi masyarakatnya,” pungkas Gubri.

(Sumber Mcr/Mn)

TERKAIT