Pengabdian Masyarakat Dosen Polbeng Terapkan CCTV di SMKN 1 Bengkalis

MafiNews.com, Bengkalis - Ketua pengabdian masyarakat Polbeng Fajar Ratnawati, menjadi ketua dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan sistem keamanan di lingkungan SMKN 1 Bengkalis.


Pengabdian masyarakat melibatkan penerapan Closed-Circuit Television (CCTV) di seluruh area sekolah guna memastikan keamanan siswa, guru, dan staf.

Dalam era yang semakin kompleks dan tantangan keamanan yang terus berkembang, SMKN 1 Bengkalis menginisiasi pemasangan CCTV yang dapat memantau aktivitas di berbagai titik strategis di dalam sekolah.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan tingkat keamanan dan memberikan perlindungan ekstra terhadap segala bentuk potensi ancaman.

Fajar Ratnawati, Ketua Pengabdian Masyarakat, mengatakan tujuan utama untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan kondusif bagi siswa dan seluruh anggota sekolah.

"Pemasangan CCTV dilakukan di berbagai area di SMKN 1 Bengkalis, termasuk ruang kelas, koridor, perpustakaan, ruang guru, dan area parkir. Hal ini memungkinkan petugas keamanan dan pengawas sekolah untuk mengawasi aktivitas secara real-time dan merekam bukti yang dapat digunakan dalam penyelidikan kejahatan atau pelanggaran," kata Fajar.

Fajar menambahkan dalam mengoptimalkan penerapan CCTV dan diberikan pelatihan khusus bagi petugas keamanan sekolah, dan staf untuk memastikan bahwa mereka memahami penggunaan teknologi CCTV dengan baik.

"Pelatihan meliputi pemantauan video, analisis situasi darurat, dan tindakan yang tepat dalam menanggapi kejadian yang membutuhkan perlindungan dan keamanan," katanya. (Kmf/Mn)

TERKAIT