Pandangan Umum Fraksi atas Ranperda Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD Dumai TA. 2022

Pandangan Umum Fraksi atas Ranperda Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD Dumai TA. 2022

MafiNews.com, Dumai - Sekretariat DPRD Kota Dumai menggelar Rapat Paripurna Tanggapan Kepala Daerah Terhadap Pandangan Umum Fraksi DPRD Atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD Kota Dumai Tahun 2022, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Dumai, Jalan Tuanku Tambusai, Bagan Besar, Selasa (11/7/2023).

Tanggapan atau jawaban tersebut disampaikan oleh Wali Kota Dumai dalam hal ini diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai, H Indra Gunawan.

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Wakil Ketua I DPRD Kota Dumai, Mawardi. Dari 30 anggota dewan, yang hadir dan telah menandatangani daftar hadir berjumlah 16 orang. Dengan demikian quorum rapat telah terpenuhi dan rapat paripurna dewan yang digelar terbuka untuk umum dapat dilaksanakan.

Sebelumnya, Pimpinan Rapat Paripurna Mawardi menyampaikan bahwa Rapat Paripurna yang sedang berlangsung merupakan kelanjutan dari Rapat Paripurna pada hari Senin, 10 Juli 2023 yang lalu.

"Rapat ini dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian pembicaraan tingkat I terhadap Rancangan Peraturan Daerah Kota Dumai tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Dumai Tahun 2022," ucapnya.

Dalam jawaban atau tanggapannya, Sekda Kota Dumai, H. Indra Gunawan mengucapkan terima kasih, memberikan apresiasi, dan sependapat dengan seluruh Fraksi berkenaan dengan saran dan masukan terkait penyusunan Ranperda Pertanggung Jawaban APBD Kota Dumai Tahun 2022 terkait peningkatan pendapatan daerah.

"Kami juga mengapresasi anggota dewan terhadap keberhasilan mempertahankan opini atas laporan keuangan 6 kali berturut-turut," sebutnya.

Untuk sektor Pendapatan, ucapan terima kasih disampaikan Indra Gunawa atas apresiasi dari Fraksi Demokrat terhadap capaian Pendapatan Daerah yang mencapai 89,41%. Ia sependapat bahwa capaian ini harus dimaknai dengan optimis tanpa berpuas diri.

"Melalui bimbingan Dewan Yang Terhormat, kami berupaya untuk lebih baik lagi kedepannya. Termasuk saran agar perhitungan lebih tepat, matang dan mendetail mengenai pajak daerah guna meningkatkan PAD. Adapun adanya ketimpangan antara realisasi belanja daerah pada sektor operasional dan belanja modal, pemerintah daerah akan terus menggesa OPD untuk lebih mencermati lagi teknis penganggaran selama tahun berjalan agar kegiatan fisik dapat terlaksana dalam rentang waktu yang cukup dan sesuai dengan aturan yang ada," tutur Sekda.

Kemudian, menanggapi pandangan dari Fraksi PKS, Indra Gunawan mengucapkan rasa syukur atas optimisme Fraksi PKS yang mengatakan bahwa Pemerintah Kota Dumai akan mampu mencapai target PAD diatas 100%. Hal tersebut menurutnya merupakan dukungan bagi Pemko untuk berbuat lebih baik lagi.

"Guna mencapai hal terebut, kami sedang berupaya dengan melakukan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah, pemeliharaan basis data PBB, dan lain-lain yang Insya Allah akan meningkatkan pendapatan sekaligus mencegah kebocoran. Pemerintah Kota Dumai akan terus berupaya dalam meningkatkan monitoring dan evaluasi agar optimalisasi belanja APBD khususnya belanja modal dapat tercapai," terangnya.

Ucapan terima kasih dan apresiasi juga disampaikan Sekda Kota Dumai atas saran dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) agar tetap berhati-hati dalam penggunaan keuangan dan terutama aspek efisiensi dan efektivitasnya.

"Hal ini juga menjadi motivasi bagi Pemerintah Kota Dumai untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan terhadapan penataan dan pengelolaan keuangan daerah agar kedepan menjadi semakin baik," kata Sekdako Dumai.

H Indra Gunawan turut menyampaikan terima kasih kepada anggota DPRD Fraksi Nasdem yang telah mengapresiasi capaian-capaian pemerintah. Sejalan dengan penekanan yang dibuat oleh Fraksi PKS sebelumnya, ia sangat sependapat dengan Fraksi Nasdem terkait BUMD PT. Pembangunan Dumai.

"Evaluasi menyeluruh sudah dilakukan. Kini pemerintah dan Dewan Yang Terhormat memberikan kesempatan kepada BUMD tersebut untuk membalas kepercayaan yang diberikan. Sambil terus melakukan monitoring, harapan kita tentulah adanya perbaikan saat ini dan kedepannya," sebutnya.

Sehubungan dengan khidmat pemerintah di segala bidang, Sekda berazam mempertahankan apa yang sudah baik, dan juga tetap berupaya untuk memperbaiki kekurangan yang ada. Hal ini tentunya tidak terlepas dari mitra di legislatif yang terus memberikan dorongan melalui kritikan membangun dan fungsi pengawasannya.

Selanjutnya, atas nama pemko, Sekdako Dumai juga mengucapkan terima kasih atas dorongan Fraksi PPP agar pemerintah selalu melakukan evaluasi bagi sektor-sektor pajak yang mengalami penurunan, seperti BPHTB dan Pajak Air Tanah.

"Kami akan mengupayakan langkah-langkah bijak untuk bisa mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan berbagai cara sesuai ketentuan yang berlaku," katanya.

Kemudian, Indra turut mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD Fraksi Partai Golkar yang telah mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota Dumai atas kerja keras untuk terus meningkatkan kinerja dalam rangka mewujudkan cita-cita bersama masyarakat Kota Dumai. Pemerintah sangat berterima kasih dan mengapresiasi seluruh Fraksi-Fraksi di DPRD Kota Dumai pada umumnya dan Fraksi Partai Golkar khususnya, mudah-mudahan kemitraan yang erat ini akan dapat ditingkatkan lagi kedepannya.

"Fokus pemerintah untuk menangani banjir, baik air hujan maupun banjir rob, ada di agenda utama. Program-program existing terkait penanganan banjir yang sudah sedia ada akan terus kami intensifkan," imbuhnya.

Lebih lanjut, menanggapi pandangan umum Fraksi PAN, Pemerintah Kota Dumai telah membahas langkah-langkah penting dalam merencanakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang optimal.

"Kami menyadari bahwa memiliki target yang jelas dan realistis sangat penting untuk memastikan keberhasilan keuangan daerah dan pembangunan yang berkelanjutan. Untuk mencapai hal tersebut, Pemko Dumai telah dan akan terus melakukan perhitungan yang cermat terhadap potensi PAD yang dapat dihasilkan," terang Indra.

Terakhir, atas nama Pemerintah Kota Dumai, H Indra Gunawan turut mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Fraksi Gerakan Indonesia Raya atas masukan dan saran yang diberikan agar Pemko Dumai lebih meningkatkan khidmatnya untuk masyarakat

"Yang terpenting adalah dukungan kepada Pemerintah Kota Dumai dalam berkhidmat yang terbaik bagi masyarakat. Kami yakin dan percaya, sinergi yang tiada putus ini adalah kekuatan besar dalam mencapai Kota Idaman," pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan ini anggota Forkopimda Kota Dumai atau yang mewakili, Staf Ahli dan Asisten, Inspektur Kota Dumai atau yang mewakili, Sekretaris DPRD, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Bagian lingkup Pemerintah Kota Dumai, Camat dan Lurah se Kota Dumai, Direktur BUMD serta para tamu undangan yang berkesempatan hadir. (Kmf/Mn)

TERKAIT