Gubernur Syamsuar Bakar Tongkang Bagian dari BBI dan BBWI

MafiNews.com,  Pekanbaru - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan event wisata nasional festival Bakar Tongkang 2023 di Bagansiapiapi merupakan bagian dari Gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).


Pasalnya, menurut orang nomor satu di Riau itu, event tersebut mendatangkan banyak turis mancanegara untuk berkunjung ke ibu kota Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

Tak hanya itu, acara yang digelar pada 2-4 Juli 2023 ini juga menghadirkan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Rokan Hilir khususnya dan Riau umumnya.

“Dengan adanya kegiatan ini akan meningkatkan perekonomian di daerah ini, tidak hanya itu, acara ini juga sejalan dengan gerakan nasional BBI dan BBWI,” ujar Syamsuar di Kelenteng In Hok Kiong, Selasa (4/7/2023).

“Saat ini pemerintah juga sedang menggalang wisatawan domestik untuk meningkatkan perekonomian di berbagai daerah termasuk Rokan Hilir,” imbuhnya.

Mantan bupati Siak dua periode itu menjelaskan, Riau saat ini menjadi salah satu daerah yang menggalang program kebanggaan pariwisata Indonesia dan gerakan kebanggaan nasional yang dilakukan di Indonesia.

“Ada 9 provinsi yang ditunjuk pemerintah pusat, termasuk Provinsi Riau,” ujarnya.

Oleh karena itu, Gubernur Syamsuar berharap ritual Bakar Tongkang dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya agar perekonomian daerah meningkat dan masyarakat semakin sejahtera serta mendatangkan lebih banyak wisatawan mancanegara kedepannya.

“Ritual Bakar Tongkang di sebidang tanah ini akan menjadi event pariwisata nasional yang membanggakan dan event ini semakin terkenal di berbagai negara,” pungkasnya.

(Sumber Mcr/Mn)

TERKAIT