Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Zainal Arifin Meminta Kepada Perusahaan

MafiNews.com,  Pekanbaru - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Zainal Arifin meminta kepada perusahaan yang tergabung sebagai anggota Gakeslab Indonesia Provinsi Riau menerapkan Cara Distribusi Alat Kesehatan dengan Benar (CDAKB) sesuai standar dan ketentuan berlaku.


Zainal menegaskan, sesuai dengan Permenkes, penting bagi perusahaan distributor alat kesehatan dan laboratorium untuk tersertifikasi.

"Paling lambat di akhir tahun ini, makanya kami dari Pemda akan terus mendorong hal ini untuk disegerakan sehingga Alkes itu dapat termanfaatkan dengan optimal," ungkap Kadiskes Riau Zainal Arifin pada  pengukuhan Gakeslab Provinsi Riau periode 2023-2027, di Hotel Aryaduta Pekanbaru, Kamis (22/6/2023).

Selain itu, pihaknya mengatakan bahwa adanya transformasi pelayanan kesehatan, salah satunya adalah ketahanan kesehatan.

"Dimana, kita dituntut untuk menggunakan alat kesehatan dalam negeri atau AKD ini tepat guna, tentunya alat kesehatan yang berkualitas. Sebab itulah, kita menyambut baik pengukuhan Gakeslab Riau saat ini," katanya.

Ia juga menyebutkan, Gakeslab Riau merupakan mitra pemerintah, khususnya Dinas Kesehatan Provinsi Riau untuk memajukan usaha alat kesehatan dalam negeri sesuai dengan aturan yang sudah ada.

"Tentu kita berharap dengan ketua terpilih, sesudah ini banyak kerjasama dengan kita, apakah itu nanti expo alat kesehatan dan tentu juga rapat secara rutin. Sehingga permasalahan yang dikeluhkan terkait kesehatan bisa terselesaikan dengan baik," sebut Zainal Arifin.

Zainal Arifin mengungkapkan, saat ini sudah tergabung 74 distributor alat kesehatan di Riau. Namun, belum semua distributor alat kesehatan yang tergabung dalam naungan Gakeslab.

"Pemerintah membuka kesempatan persaingan usaha yang sehat, jadi walaupun begitu kita masih membutuhkan rekan distributor berdaya lokal. Untuk itu, bagi distributor alat kesehatan yang belum bergabung mari bergabung bersama Gakeslab. Sehingga, layanan guna jual alkes di Riau pasti lebih mudah dijangkau, serta saat ada komplain bisa langsung diperbaiki," ungkapnya.

Pihaknya juga berharap kepada, kepengurusan Gakeslab yang telah dikukuhkan untuk dapat melakukan pengembangan kapasitas setiap anggota.

"Kami tetap mendorong Gakeslab Riau untuk tetap maju dibawah kepemimpinan Pak Muharfan. Semoga, kepengurusan ini dapat memastikan para distributor memberikan pelayanan alat kesehatan sesuai dengan CDAKB dan dapat memperkuat penetrasi alat kesehatan dalam negeri," tandas Zainal Arifin.

(Sumber Mediacenter Riau/Mn)

TERKAIT