SEA Games 2023: Erick Thohir Akan Tonton Langsung Timnas U-22 di Babak Semifinal

Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam sesi press conference di GBK Arena, Senayan, Jakarta pada Jumat, 28 April 2023. TEMPO/Randy

MafiNews.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI Erick Thohir akan menyaksikan langsung pertandingan timnas U-22 Indonesia di SEA Games 2023. Namun, dia baru bisa menonton para punggawa Garuda Muda pada babak semifinal karena harus mengikuti sejumlah agenda penting sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara.



Erick bakal menghadiri acara Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN 2023 pada 8-10 Mei 2023 untuk mendampingi Presiden Joko Widodo. Ia juga akan menghadairi undian babak penyisihan grup Piala Asia 2023 pada 12 Mei bersama pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

"Tanggal 11 Mei pukul 01.00 pagi saya akan terbang ke Doha, Qatar, untuk drawing AFC (Piala Asia) bersama coach Shin Tae-yong dan Exco PSSI. Tanggal 12 atau 13 Mei, saya mendarat dari Doha ke Jakarta, saya langsung naik pesawat untuk ke mendukung tim di SEA Games," ujar Erick dikutip dari laman PSSI.

Erick mengatakan telah mendapat izin dari Jokowi untuk terbang ke Kamboja saat melakukan kunjungan kerja ke Lampung untuk meninjau sejumlah jalan rusak. "Saya sudah izin kepada Presiden untuk mendampingi anak-anak (timnas U-22), kata Bapak Presiden, silakan."

Timnas U-22 Indonesia sudah dipastikan lolos ke semifinal cabang olahraga SEA Games 2023. Pasukan Garuda meraih kemenangan dari tiga pertandingan sebelumnya dan belum kebobolan. Torehan itu membuat Indonesia kokoh di puncak klasemen Grup A dengan 9 poin.

Meski begitu, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan masih harus menjalani pertandingan terakhir kontra Kamboja. Di atas kertas, Indonesia lebih diunggulkan karena mereka belum pernah kalah dari Kamboja di SEA Games. Skuad Garuda menyapu bersih kemenangan pada tujuh pertemuan terakhir. Terakhir kali Indonesia bersua dengan Kamboja di SEA Games terjadi pada 2017. Kala itu tim Merah Putih menang 2-0 berkat gol Ezra Walian dan Febri Hariyadi.

Pada lagi nanti anak asuh Indra Sjafri punya modal kuat untuk kembali meraih kemenangan. Adapun bagi Kamboja, duel melawan Indonesia menjadi partai hidup mati yang harus dimenangkan demi menjaga asa lolos ke semifinal.

Pertandingan keempat Grup A SEA Games 2023 antara timnas U-22 Indonesia vs Kamboja akan berlangsung di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh pada Rabu, 10 Mei 2023 mulai pukul 19.00 WIB. Pertandingan tersebut disiarkan langsung oleh stasiiun televisi RCTI.

TERKAIT