Hubungan TPID dengan Menlu RI Tito Karnavian, Hal itu disampaikan Bupati Kampar

MafiNews.com,  Kampar - Menteri Dalam Negeri (Mendari) Republik Indonesia, Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian, memberikan arahan sekaligus membuka Rakor Pengendalian Inflasi Kabupaten Tahun 2023 secara daring yang diikuti seluruh kabupaten di Indonesia, Senin (12/ 6/2023).


Dalam arahannya, Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian, menyampaikan pesan ke seluruh daerah agar ke depan tidak terjadi kenaikan harga yang tinggi dan terus naik, ini harus menjadi perhatian kita bersama untuk terus memantau stabilitas harga pangan agar nantinya tidak membebani konsumen atau masyarakat.

Lebih lanjut Tito Karnavian menyampaikan melalui data Badan Pusat Statistik bahwa komoditas utama penyumbang kenaikan Indeks Perkembangan Harga (PIH) di sejumlah Kabupaten/Kota hingga pekan pertama Juni 2023 adalah daging ayam ras, daging ayam ras. telur, cabai merah dan cabai rawit.

Demikian pula sebaliknya, komoditi penyumbang utama penurunan GPI sejumlah Kabupaten/Kota sampai dengan minggu pertama Juni 2023 adalah bawang merah, cabai rawit, beras dan cabai merah.

Dijelaskan oleh Kemenlu, Hal ini menunjukkan bahwa di setiap daerah terdapat beberapa komoditas pangan yang berkontribusi terhadap peningkatan GPI dan juga beberapa komoditas pangan yang berkontribusi terhadap penurunan GPI, maka mari kita semua terus melakukan langkah dan upaya agar daerah mampu mengendalikan inflasi dengan baik mengendalikan harga makanan dan jasa.

Untuk Kabupaten Kampar yang dilanjutkan oleh Penjabat (Pj) Bupati Kampar Muhammad Firdaus mengatakan akan terus mengikuti perkembangan dan melakukan upaya pengendalian inflasi daerah sesuai dengan arahan yang diberikan Kementerian Dalam Negeri RI.

“Untuk saat ini di Kabupaten Kampar harga sembako masih relatif stabil dan hal ini akan terus kami pantau dan akan kami pertahankan agar tidak ada kenaikan harga sembako,” ujarnya.

Selain itu, kami juga telah melakukan berbagai inovasi strategis dalam menjaga ketersediaan pangan, monitoring, evaluasi, intervensi guna mendorong kerjasama antar daerah dan dalam waktu dekat akan langsung turun tangan melakukan pasar murah di beberapa daerah.

Hadir dalam Rakor tersebut Wakil Sekretaris Kampar, Azwan, Inspektur Kampar Febrinaldi Tridarmawan, Kadis Pertanian Kampar Nurilahi Ali, Sekretaris Dishub Kampar Kholis Febriyasmi, Dinas Perekonomian Setda Kampar. (Sumber Center/Mn)

TERKAIT