Menyongsong Indonesia Emas 2045, Budi Karya Anak Indonesia Harus Punya Kompetensi Diri

MafiNewa.com,  Pekanbaru - Jika ingin mewujudkan Indonesia emas ditahun 2045, negeri ini harus memiliki generasi muda yang berkualitas dan memiliki kompetensi diri.


Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Umum I Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (KAGAMA), Budi Karya Sumadi pada acara pelantikan Pengurus Cabang KAGAMA Riau. Sabtu, (10/6/2023).

“Amanah kita untuk bangsa ini bukan hanya menyelesaikan pendidikan saja. Tapi ada tujuan yg mulia untuk menyongsong Indonesia emas di tahun 2045,” ujar Budi di Hotel Royal Asnof.

Dalam kesempatan itu, Budi juga mengapresiasi Provinsi Riau atas sumbangsihnya yang besar terhadap pendapatan negara.

“Riau ini tempat yang luar biasa, karena menjadi penyumbang pendapatan negara Indonesia,” kata Budi.

Untuk diketahui pada tahun 2022 lalu, tercatat Provinsi Riau menyumbang Rp34,38 triliun penerimaan negara dari sektor pajak dan penerimaan lainnya. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 25,54 persen dibanding tahun sebelumnya.

Senada dengan hal tersebut Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi Riau, Masrul Kasmy menuturkan, dalam mempesiapkan sumber daya manusia (SDM) yang cerdas, terampil, dan bermoral bukanlah pekerjaan yang mudah.

“Salah satu tantangan yang terberat di dunia pendidikan pada era globalisasi saat ini adalah bagaimana kita mampu menyiapkan manusia Indonesia yang cerdas, terampil, memiliki etika dan moral yang baik,” katanya.

“Kita harus mampu menciptakan dan melahirkan strategi dan kebijakan yang benar - benar dibutuhkan untuk memacu persaingan dibidang pendidikan,” tambah Masrul.

Oleh sebab itu, Asiaten I mengajak agar seluruh anggota KAGAMA dapat berkoordinasi bersama pemerintah daerah untuk mewujudkan hal ini.

“Mari kita bersama - sama menggali potensi dan pemikiran guna membangun negeri. Melalui peningkatan SDM, infrastruktur dan mengatasi permasalahan sosial di Provinsi Riau,” tutup Asisten I. (Sumber Center/Mn)

TERKAIT