Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Rokan Hilir

MafiNews.com, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan mempunyai 3 bidang dimana masing – masing bidang tersebut memiliki inovasi, diantaranya :


Bidang Pengolahan, Layanan, dan Pelestarian Bahan Pustaka
Bidang Pengembangan dan Pembudayaan Gemar Membaca
Inovasi dari kedua bidang tersebut mempunyai aplikasi SLIM 9 yang digunakan untuk Penginputan buku, peminjaman buku, pengembalian buku, pendaftaran dan pencetakan kartu anggota perpustakaan. Tujuan dari aplikasi ini, mempermudah penelusuran koleksi buku yang ada di perpustakaan Kabupaten Rohil dengan menggunakan fitur barcode di setiap buku.

Bidang Penyelenggaraan Kearsipan : Inovasi dari bidang ini mempunyai aplikasi SRIKANDI (SISTEM INFORMASI KEARSIPAN DINAMIS TERINTEGRASI) dan Gerakan Sadar Arsip.

Adapun program kinerja nya memiliki 2 Program Kerja Urusan :Program Kerja Perpustakaan yaitu Program Pembinaan Perpustakaan dan Program Pelestarian Nasional dan Naskah Kuno. Program Kerja Urusan Kearsipan yaitu Pengelolaan Arsip Dinamis, Pengawasan Kearsipan pada Perangkat Daerah dan Pengelolaan Kearsipan melalui Aplikasi Srikandi.


Hj Fatmawa, SKM, Msi selaku kepala dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Rokan Hilir menyampaikan adapun tujuan dan harapannya ialah menjadikan misi penting dari perpustakaan untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Hal ini sejalan dengan tujuan perpustakaan itu sendiri yakni meningkatkan wawasan, memperkenalkan budaya membaca, dan meningkatkan ilmu pengetahuan. Sedangkan tujuan Kearsipan adalah menjamin terciptanya arsip dari kegiatan yang dilakukan dan menjamin ketersediaan arsip yang autentik.

Harapannya adalah bahwa Masyarakat mulai usai dini sudah membudayakan gemar membaca di perpustakaan dan Sadar tertib arsip pada perangkat daerah. untuk kendala dan strategi yang dilakukan adalah memiliki kendala Kurangnya SDM yang bekompeten dalam hal Perpustakaan dan Kearsipan, Kurangnya Pembinaan, Pelatihan, dam Bimbingan Teknis kepada Pustakawan dan Arsiparis Sarana dan Prasarana yang masih kurang memadai, Kurangnya minat baca masyarakat dan adanya persepsi yang salah terhadap Arsip, untuk strategi yang akan dilakukan dalam meningkatkan SDM yang berkompeten dalam hal Perpustakaan dan Kearsipan, Melakukan Pembinaan, Pelatihan, dam Bimbingan Teknis kepada Pustakawan dan Arsiparis, Menciptakan Sarana dan Prasarana memadai, Melakukan Sosialisasi terkait minat baca masyarakat dan Pemahaman terhadap Kearsipan. (Kmf/Mn)

TERKAIT