Peringatan HUT ke-25 Kabupaten Rokan Hulu, Bupati Sukiman Soroti Kemajuan dan Tantangan Pembangunan

Rokan Hulu, MafiNews.com - Peringatan hari jadi Kabupaten Rokan Hulu yang ke-25 pada Sabtu, 12 Oktober 2024, berlangsung khidmat, yang di laksanakan di lapangan Kantor Bupati Kabupaten Rokan Hulu, Sabtu (12/10/2024)


Dihadiri oleh Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono, SH, S.Ik, Kalapas Kelas IIB Pasir Pangaraian Efendi Parlindungan Purba, Ketua Pengadilan Negeri Rohul, Sekretaris Daerah M. Zaki, serta para asisten, kepala dinas, camat, lurah, kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, organisasi masyarakat, mahasiswa, dan pelajar.

Acara ini dipimpin langsung oleh Bupati Rokan Hulu, H. Sukiman, yang menyampaikan rasa syukur atas nikmat dan rahmat Tuhan yang Maha Esa sehingga semua pihak dapat hadir dan memperingati hari jadi ini.

Dalam sambutannya, Bupati Sukiman menekankan bahwa sejak Rokan Hulu berdiri pada tahun 1999, kabupaten ini telah mengalami banyak perkembangan berkat semangat dan komitmen seluruh elemen masyarakat dalam menghadapi berbagai tantangan. Ia juga mengakui bahwa meski banyak kemajuan yang telah dicapai, masih ada beberapa harapan yang belum terpenuhi karena keterbatasan sumber daya yang ada.

"Walaupun belum sesuai harapan, kita tetap berkomitmen untuk terus bekerja dan berkarya demi kemajuan Kabupaten Rokan Hulu di masa depan," ujar Sukiman.

Sukiman juga menyampaikan bahwa Kabupaten Rokan Hulu saat ini telah menunjukkan jati diri sebagai daerah yang religius dengan pemerintahan yang demokratis. Ia mengajak seluruh masyarakat untuk terus mempertahankan dan mengembangkan nilai-nilai yang telah tumbuh, sehingga dapat membentuk jati diri Kabupaten yang lebih kokoh.


Pada kesempatan ini, Bupati Sukiman juga memaparkan capaian pembangunan Kabupaten Rokan Hulu. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), beberapa indikator pembangunan menunjukkan kemajuan signifikan, seperti penurunan angka kemiskinan dari 26,8% pada tahun 2000 menjadi 9,72% pada tahun 2023. Selain itu, pendapatan per kapita masyarakat meningkat dari Rp48,45 juta pada tahun 2018 menjadi Rp89,13 juta pada tahun 2023.

Indikator lain yang disoroti adalah tingkat pengangguran yang menurun dari 5,4% pada tahun 2018 menjadi 3,45% pada tahun 2023, serta indeks pembangunan manusia (IPM) yang naik dari 69,36 pada tahun 2018 menjadi 71,02 pada tahun 2023. Meskipun pertumbuhan ekonomi sedikit menurun akibat pandemi, Bupati Sukiman optimis bahwa Rokan Hulu tetap berada di jalur yang benar menuju kemajuan yang lebih besar di masa depan.


Tema peringatan HUT ke-25 Kabupaten Rokan Hulu, "Kompak Bergerak, Semangat Berbuat, Membangun Negeri" menurut Bupati Sukiman, mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan seluruh elemen masyarakat dalam memajukan kabupaten. Ia juga mengajak semua pihak untuk menjadikan momentum ini sebagai awal komitmen bersama untuk membangun Kabupaten Rokan Hulu yang lebih baik.

Mengakhiri sambutannya, Sukiman menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat atas dukungan dan kerja keras mereka dalam membangun Kabupaten Rokan Hulu. Ia juga menegaskan bahwa meski masa jabatannya akan segera berakhir, ia tetap berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik bagi kemajuan daerah ini.

"Kita harus terus menjaga kekompakan dan persatuan, karena dengan itulah kita bisa mencapai tujuan bersama untuk memajukan Kabupaten Rokan Hulu ke arah yang lebih baik," tutup Sukiman.(***)

TERKAIT