Pemerintah Kabupaten Inhil Hadiri Rapat Rutin Pengendalian Inflasi Daerah

Tembilahan MafiNews.com – Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Inhil, kembali mengikuti rapat rutin koordinasi pengendalian inflasi daerah untuk minggu pertama Oktober 2024. Rapat ini dilaksanakan secara virtual di Ruang Vidcon Diskominfo-Pers Kabupaten Inhil, pada Senin pagi, 7 Oktober 2024.

Rapat tersebut dipimpin oleh Plt Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Tomsi Tohir, dan diikuti oleh para pejabat tinggi madya dan pratama dari kementerian serta lembaga, gubernur, bupati, dan wali kota se-Indonesia secara daring.

Dalam penjelasan mengenai tinjauan inflasi dan indeks perkembangan harga pada minggu pertama Oktober 2024, Deputi Bidang Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS), Pudji Ismartini, menyampaikan bahwa tingkat inflasi hingga bulan September 2024 secara year to date tercatat lebih rendah dibandingkan dengan inflasi year to date pada bulan September di tahun-tahun sebelumnya, yaitu dari tahun 2020 hingga tahun 2023.

"Rendahnya tingkat inflasi September 2024 untuk year to date ini ditekan oleh deflasi yang terjadi pada komoditas komponen harga bergejolak," ujar Pudji Ismartini.

Adapun komoditas penyumbang utama Indeks Perkembangan Harga (IPH) di wilayah Pulau Sumatera pada minggu pertama Oktober 2024 didominasi oleh daging ayam ras dan bawang merah. (***).

TERKAIT