Lawan Erdogan Sebut Pemilu Tak Adil sampai China Damprat Israel di PBB

MafiNews.com, Pemilihan umum Turki masih menjadi sorotan berita internasional pada Senin (29/5). Begitu pula pertempuran Rusia vs Ukraina.

Momen delegasi China mendamprat Israel soal perilakunya terhadap Palestina di Dewan Keamanan PBB juga menyita perhatian. Berikut kilas berita internasional:

Calon presiden saingan Recep Tayyip Erdogan, Kemal Kilicdaroglu, menyebut pemilihan umum (Pemilu) Turki kali ini merupakan pemilu paling curang dalam sejarah negara tersebut.

Pernyataan itu muncul usai Kilicdaroglu kalah dari Erdogan di putaran kedua pemilu Turki.

"Pemilu ini salah satu periode paling curang dalam sejarah. Saya berterima kasih untuk semua pendukung kami, lebih dari 25 juta, atas suara yang mereka berikan," kata Kilicdaroglu pada Minggu (28/5).

Presiden petahana Recep Tayyip Erdogan meledek rivalnya, Kemal Kilicdaroglu, usai menang pemilihan presiden (pilpres)Turki pada putaran kedua, Minggu (28/5).

Erdogan menyampaikan selamat tinggal kepada Kilicdaroglu yang kalah empat poin darinya.

"Bye, bye, bye, Kemal," ledek Erdogan di depan para pendukungnya di luar kediaman dia di Istanbul, Minggu (28/5).

"Satu-satunya pemenang hari ini adalah Turki."

China 'mendamprat' Israel terkait pendudukan negara itu di Palestina saat rapat Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) pada pekan lalu.

Wakil tetap China untuk PBB, Geng Shuang, mengatakan sejak awal 2023, Israel terus melakukan pendudukan ilegal di Tepi Barat.

"Sejak awal tahun ini, Israel melanjutkan tindakan sepihak menyetujui pengembalian, pembangunan permukiman dan legalisasi permukiman," kata Geng pada Rabu (24/5), seperti dikutip Middle East Monitor.

(Mn)

TERKAIT