Sambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H Wabup Rohul Hadiri Acara Perlimauan di Luhak Kepenuhan

MafiNews.com, Rohul - Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H/ 2024 M, Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Luhak Kepenuhan gelar Perlimauan secara adat. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul), H Indra Gunawan serta Camat Kepenuhan, Gustia Hendri M.Si dan Ketua Umum DPH LAMR Rohul, Zulyadaini.


Selain itu, juga hadir anggota DPRD Rohul, Muhammad Ilham, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Rohul, Helfiskar, Kabag Kesra, Umzakirman, Kapolsek serta para tokoh adat se Kecamatan Kepenuhan lainnya.

Disampaikan Wabup, Tradisi Perlimauan ini merupakan Khas dari Luhak Kepenuhan Rokan Hulu yang merupakan warisan dari para leluhur dalam menyambut bulan Suci Ramadhan sehingga harus dilestarikan agar tidak tergerus zaman.

"Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu berkomitmen untuk mendukung adab dan adat itu sendiri, sehingga para generasi muda tidak akan kehilangan identitasnya," kata Wabup.

Wabup juga mengatakan kehadiran Pemerintah dalam kegiatan ini merupakan bentuk kecintaan Pemkab Rohul terhadap nilai-nilai adat dan tradisi yang telah menjadi bagian identitas dan keberagaman budaya masyarakat Rokan Hulu.

"Melalui acara ini, kita dapat mengenang kembali kearifan lokal yang telah mengakar dalam kehidupan masyarakat. selain itu, juga menjadi wadah untuk mempererat hubungan antar warga, meningkatkan rasa persaudaraan, serta memupuk rasa kebanggaan terhadap budaya kita menjelang pelaksanaan puasa Ramadhan," tambah pria yang akrab disapa Ujang Lurah itu.

Selanjutnya Wabup juga berharap Selain Tradisi kegiatan ini juga dapat menjadikan momentum untuk memperkokoh kebersamaan dan kecintaan terhadap budaya dan Adat istiadat yang telah menjadi bagian dari jati diri Masyarakat Negeri Seribu Suluk.(Kmf/Mn).

TERKAIT