Kecamatan Bangkinang Juara Umum MTQ Kabupaten Kampar ke-53 Tahun 2024

MafiNews.com, KING'S STOP - Musabaqah Tilawatil Qur'an Tingkat Kabupaten Kampar ke 53 Tahun 2024 telah selesai dilaksanakan. Gema ayat suci Al-Qur'an ini dilaksanakan selama tujuh hari tujuh malam, terhitung sejak tanggal 26 Februari hingga 6 Maret 2024, sesuai dengan Surat Putusan Majelis Hakim MTQ Nomor Kpts.01/DH /MTQ-Kab/III/2024, kemudian Kabupaten Bangkinang keluar sebagai juara umum.


Demikian disampaikan Ketua Juri Fuadi Ahmad melalui H Dirhamzah, M.Sy saat memaparkan hasil keseluruhan lomba MTQ ke-53 Tahun 2023 tingkat Kabupaten Kampar Distrik Perhentian Raja. Rabu, 6/3/24

Sedangkan juara umum dua Kabupaten Kampar Utara, juara umum tiga Kabupaten Tambang, juara empat diraih Kabupaten Kampar, Kampa kelima, Bangkinang Kota keenam, Talung Hilir ketujuh, Tapung delapan, Koto Kampar kesembilan XIII, Rumbio Jaya kesepuluh, sebelas Kuok.

Selanjutnya ke Kecamatan Kampar Kiri Hilir tingkat dua belas, Kampar Kiri tiga belas, empat belas Perhentian Raja, lima belas Kecanatan Kampar Hulu, enam belas Siak Hulu, tujuh belas Salo, delapan belas Kampar Kiri Hulu, sembilan belas Tapung Hulu, dua puluh Gunung Sahilan, dan tahap terakhir adalah Kampar Kiri. Kabupaten Tengah.

Sedangkan pemenang Parade Ta'arut diserahkan oleh Ketua Tim Pengamat Muhammad Syarif, dan juara pertama adalah tuan rumah Kecamatan Perhentian Raja dengan nilai 520, juara kedua XIII Koto Kampar dengan nilai 490. , dan juara ketiga adalah Kecamatan Kampar dengan nilai 450.

Untuk lomba Bazar Stand dengan juri pertama Juli Mastuti Yusri, juara pertama diraih oleh Kecamatan Kampar Kiri dengan nilai 745, juara kedua dari Kecamatan Perhentian Raja dengan nilai 725, dan juara ketiga diraih oleh Kecamatan Tapung dengan skor 715.

Juara Umum diberikan piala Bergikir dan piala permanen serta uang pembangunan sebesar Rp10 juta, kemudian Juara Stand Bazar diberikan Rp5 juta, dan juara Parade Ta’aruf diberikan Rp5 juta.

Berikutnya Juara Tahfizd 30 Juz Pa 4 juta, Pengajian Dewasa Pa dan Pi masing-masing Rp 4 juta, Pengajian Anak Pa dan Pi masing-masing 4 juta.

Bupati Kampar Hambali SH, MH yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs Yusri, M.Si dalam arahannya mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang meraih prestasi terbaik.

Namun peserta terbaik saat ini belum tentu serta merta mewakili Kampar untuk mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Riau ke-42 Tahun 2024 di Kota Dumai, tentunya memerlukan seleksi atau Balai Latihan terlebih dahulu.

Apresiasi juga disampaikan Wakil Sekda Kampar kepada seluruh panitia baik kabupaten maupun kecamatan. Alhamdulillah pembukaan hingga penutupan berlangsung meriah dan berjalan lancar serta aman.

Kita berharap dan punya target, pada MTQ Provinsi Riau ke-42 di Kota Dumai nanti, Kafilah Kampar mengincar juara umum,” kata Yusri.

Pj Sekretaris Kampar juga menghimbau Mari kita semua memaknai pelaksanaan MTQ ini, semoga kita menjadi orang-orang baik dan orang-orang yang mengikuti Al-Qur'an.

Sementara itu untuk Kecamatan Perhentian Raja Aguswarjana, dalam laporannya menyampaikan terima kasih kepada Panitia Pelaksana Kecamatan Perhentian Raja khususnya kepada Wakil Bupati Kampar dan pemerintah daerah Kampar yang telah mempercayakan Kecamatan Perhentian Raja sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten ke-53 tahun 2024. (Kmf/Mn).

TERKAIT