Penghargaan Kinerja Realisasi Dana Transfer, Rokan Hulu Merupakan Kabupaten Terbaik ke Dua Se Provinsi Riau

MafiNews.com, Rohul - Pada awal 2024 Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Rokan Hulu(Rohul) kembali mendapatkan Piagam Penghargaan Kinerja Realisasi Dana Transfer Terbaik Ke Dua untuk Periode Semester ke II Tahun Anggaran 2023 se Provinsi Riau dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Kamis (22/2/2024).


Sebelumnya Kabupaten Rohul untuk Semester I Tahun Anggaran 2023 juga mendapat penghargaan terbaik ke Tiga se Provinsi Riau, dimana untuk semester kedua naik satu tingkat menjadi Terbaik Ke Dua.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala BPKAD Rohul El Bizri kepada Tim Liputan Media Center Diskominfo Rokan Hulu dimana Rohul untuk Penghargan Realisasi Dana Transfer Semester Ke Dua masuk sebagai Kabupaten Terbaik Ke Dua se Provinsi Riau.

El bizri mengakui, prestasi ini tercapai berkat kerja keras dari seluruh pihak yang terlibat dalam mengelola anggaran dan sumber daya yang dimiliki Rokan Hulu. Menurutnya, penghargaan ini juga menunjukkan bahwa Kabupaten Rohul telah berhasil meningkatkan kinerja dan pelayanan publik.

Menurut data yang dihimpun, kinerja realisasi dana transfer daerah dan dana desa memang menjadi salah satu indikator penting dalam penilaian PPD Provinsi Riau. Kinerja realisasi ini meliputi realisasi anggaran, capaian program dan kegiatan, serta akuntabilitas pengelolaan dana transfer.

Dalam beberapa tahun terakhir, Kabupaten Rohul memang telah menunjukkan peningkatan kinerja yang signifikan dalam hal realisasi anggaran. Peningkatan ini tidak hanya diakui oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov)Riau, tetapi juga oleh pihak lain seperti Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan.

Salah satu faktor penting yang mempengaruhi peningkatan kinerja realisasi dana transfer di Rokan Hulu adalah sistem pengelolaan anggaran yang semakin baik. Pemerintah setempat telah berupaya untuk melakukan perbaikan dan peningkatan sistem pengelolaan anggaran, seperti dengan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, serta menerapkan sistem monitoring dan evaluasi yang lebih baik.

Selain itu, Rokan Hulu juga telah melaksanakan berbagai program dan kegiatan yang bersifat prioritas dan mendukung peningkatan kinerja. Misalnya, Pemerintah setempat telah melaksanakan program pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas pendidikan, pemberdayaan ekonomi masyarakat dan lain sebagainya.

Namun, meski telah meraih prestasi sebagai salah satu kabupaten dengan kinerja realisasi dana transfer terbaik di Provinsi Riau, Rokan Hulu masih perlu terus melakukan perbaikan dan peningkatan kinerja ke depan.

Oleh karena itu, Pemerintah Rokan Hulu perlu terus melakukan evaluasi dan perbaikan sistem pengelolaan anggaran, serta melaksanakan program dan kegiatan yang lebih efektif dan efisien. Selain itu, kerjasama dengan pihak terkait juga harus terus ditingkatkan, seperti dengan Pemerintah Provinsi Riau, instansi terkait dan masyarakat setempat.

Secara keseluruhan, penghargaan yang diterima oleh Rokan Hulu merupakan bukti nyata bahwa kabupaten ini mampu meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Namun, tantangan dan persaingan dalam mengelola anggaran dan sumber daya di daerah masih besar, sehingga Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu perlu terus melakukan evaluasi dan perbaikan kinerja ke depan.(Kmf/Mn).

TERKAIT