Anggota Pramuka dididik untuk memiliki karakter, Sikap Mental

MafiNews.com, Bangkinang Kota - PJ Bupati Kampar Hambali SE MH yang diwakili oleh Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Kampar Aidil SH menghadiri pembukaan Perkemahan Pramuka (UP) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Ke-2 Tahun 2024 yang dibuka langsung oleh Rektor Universitas Pahlawan Prof Dr Amir Luthfi dengan pemukulan gong secara simbolis di Kamp Taman Universitas Pahlawan. Kamis Pagi, 22/2/24


“Selamat atas kegiatan Perkemahan Pramuka di Universitas Pahlawan kepada seluruh delegasi kelompok terpilih. Kami tentunya mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah mensponsori acara ini dari awal hingga akhir.” Ucap Rektor Universitas Pahlawan saat memberikan sambutannya.

Disampaikannya pula kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari dan mengundang seluruh SMA setingkat di Kabupaten Kampar.

“Perkemahan pramuka ini hendaknya rutin diadakan setiap tahunnya, selain untuk memberikan pendidikan kepramukaan bagi kelompok-kelompok yang ada di Kabupaten Kampar, kegiatan ini juga menjadi kesempatan bagi siswa-siswi SMA sederajat untuk mengenal lingkungan Universitas.” Mohon Amir Lutfhi

“Alhamdulillah pada tahun ini kami dapat melaksanakan Perkemahan Pramuka yang ke 2 di Bumi Perkemahan Universitas Pahlawan. Kemudian saya mengucapkan selamat kepada seluruh siswa SMA yang terpilih untuk mengikuti kegiatan pramuka ini.” Tutup Rektor

Sementara itu, Aidil SH mengatakan gerakan kepanduan merupakan salah satu pilar pendidikan pemuda di Indonesia yang mempunyai visi dan misi untuk mempersiapkan pemimpin bangsa yang mempunyai akhlak, kepribadian, dan akhlak yang luhur.

Aidil menjelaskan Pramuka merupakan sistem pendidikan kepramukaan yang disesuaikan dengan kondisi, kepentingan dan perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia. Dari sini setiap anggota pramuka dididik untuk memiliki karakter, sikap mental, dan kecakapan hidup atau skill untuk menghadapi permasalahan yang ada, bahkan untuk masa yang akan datang.” kata Aidil.

“Banyak hikmah yang bisa dipetik dengan mengikuti kegiatan pramuka, diantaranya menumbuhkan rasa kebersamaan dan semangat gotong royong yang tinggi. Melalui gerakan pramuka sebagai wadah menempa keterampilan dan pengetahuan, menumbuhkan jiwa disiplin dan membangun semangat kebersamaan bagi para anggotanya,” kata Aidil.

Dari kepanduan, banyak hal yang bisa dipelajari dari berbagai keterampilan yang tidak diperoleh di sekolah. Anak-anak saya bisa belajar berkomunikasi dengan berbagai kelompok, belajar bermain di alam liar, mengembangkan keberanian dan tanggung jawab serta belajar memimpin anggota lain.” kata Aidil.

Kadis Dikpora juga berpesan agar para siswa SMA yang mengikuti Jaga keshetah dan kegiatan ini juga dapat mengenal program studi yang ada di Universitas Pahlawan agar lebih mengenal kampus tersebut. Selain menambah wawasan lingkungan Universitas, kegiatan Perkemahan Pramuka ini juga menjadi ajang berkumpulnya setiap siswa SMA.

Terlihat hadir dalam acara tersebut Kwartir Kabupaten Riau kak Kak syarudi SH, Perwakilan Ketua Pemuda Pembangunan Cabang Kampar Kaktar Syafruddin Mpd. (Kmf/Mn).

TERKAIT