Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Setdaprov Provinsi Riau, M Job Kurniawan

MafiNews.com, Pekanbaru - Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setdaprov) Provinsi Riau, M. Job Kurniawan memaparkan beberapa capaian Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Provinsi Riau tahun 2025-2026.


Hal itu dijelaskan Job Kurniawan dalam forum konsultasi publik bersama seluruh OPD se-Provinsi Riau, forkopimda, pemerintah daerah di Provinsi Riau, tokoh masyarakat, perguruan tinggi, dan organisasi masyarakat, di Gedung Kecamatan Balai Serendit, Rabu (27/12/2023). ).

Adapun capaian DPR Provinsi Riau Tahun 2025-2026 terdiri dari, pertama, peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing. Dengan target peningkatan taraf pendidikan masyarakat, peningkatan taraf kesehatan, peningkatan kesetaraan gender, dan peningkatan kerukunan hidup beragama.

“Dalam pencapaian ini, kami juga mempunyai strategi yaitu meningkatkan aksesibilitas dan mutu pendidikan, meningkatkan aksesibilitas dan mutu layanan kesehatan, meningkatkan pengarusutamaan gender, serta meningkatkan pemahaman dan pengamalan agama dalam kehidupan masyarakat,” jelas Job Kurniawan.

Kemudian, capaian kedua DPRD Provinsi Riau Tahun 2025-2026 adalah meningkatkan pengembangan kebudayaan Melayu. Dengan tujuan untuk meningkatkan ketahanan budaya Melayu, serta meningkatkan ekspresi dan warisan budaya Melayu. Sedangkan strateginya adalah perbaikan pengelolaan dan pengembangan pengembangan budaya melayu di riau, serta peningkatan pelestarian kearifan lokal dan budaya melayu.

Ketiga, meningkatkan kualitas infrastruktur. Sasarannya terdiri dari peningkatan layanan transportasi, serta peningkatan cakupan layanan infrastruktur perumahan. Sedangkan strateginya adalah pengembangan konektivitas, peningkatan cakupan layanan air minum, peningkatan pemenuhan akses sanitasi bagi masyarakat, penanganan kawasan legal pemukiman, serta peningkatan cakupan layanan listrik untuk rumah tangga dan sumber energi lainnya. .

Keempat, mewujudkan pembangunan yang berwawasan lingkungan. Tujuannya adalah meningkatkan kualitas lingkungan hidup, dan menurunkan emisi gas rumah kaca. Sedangkan strateginya terdiri dari peningkatan konservasi sumber daya alam dan keanekaragaman hayati serta penanggulangan bencana dan mitigasi perubahan iklim, meningkatkan mitigasi terhadap dampak perubahan iklim,” imbuhnya.

Masih kata Job Kurniawan, capaian DPR Provinsi Riau tahun 2025-2026 selanjutnya adalah mewujudkan perekonomian yang berdaya saing dan inklusif. Sasarannya adalah peningkatan kemandirian ekonomi dan pengurangan kesenjangan pendapatan, peningkatan investasi daerah, peningkatan ketahanan pangan daerah, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan peningkatan nilai tambah pariwisata. Strategi Adapaun adalah meningkatkan daya saing sektor-sektor unggulan, meningkatkan daya tarik investasi, meningkatkan ketahanan pangan menuju swasembada pangan, meningkatkan kemandirian sosial dan ekonomi masyarakat miskin dan rentan serta pelayanan yang berkualitas oleh para pelaku penyelenggaraan kesejahteraan sosial, meningkatkan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat pedesaan, meningkatkan akses masyarakat terhadap lapangan kerja, meningkatkan kewirausahaan pemuda, meningkatkan pengelolaan destinasi pariwisata, serta meningkatkan promosi pariwisata.

Capaian terakhir DPR Provinsi Riau tahun 2025-2026 adalah meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik. Sasarannya adalah meningkatkan budaya birokrasi beretika dengan ASN profesional, serta meningkatkan tata kelola pemerintahan yang digital, gesit, kolaboratif, dan akuntabel. Sedangkan strateginya adalah penyediaan pelayanan publik yang berkualitas, serta pembenahan organisasi birokrasi dan reformasi. (Mcr/Mn)

TERKAIT